Sunday, November 11, 2018

KERINCI TEMPO DULU, KOTA SUNGAI PENUH DARI MASA KE MASA


Setelah mengulas perbandingan dan perbedaan gambaran Kota Sungai Penuh ini pada masa lalu dan masa kini di tulisan sebelumnya, khususnya pada lokasi di sekitar bank BRI Sungai Penuh, nah, di tulisan kali ini tentang Kerinci, khususnya Kota Sungai Penuh, aku lanjutkan rekam jejak perubahan kota ini dengan mengambil perbandingan pada foto-foto yang ada di masa lalu.




Berawal dari kesempatan pulang ke tanah yang damai ini tahun 2017 yang lalu, iseng-iseng buka album di rumah, dan foto-foto di masa lalu-pun bertebaran di banyaknya koleksi album orang tua di rumah. Papa memang dari dulu suka mengabadikan berbagai momen yang dijalaninya. Mulai foto-foto saat beliau masih muda, masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai momen bagi kami sekeluarga, atau bersama rekan-rekan sekantornya sewaktu masih bekerja di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sungai Penuh dulunya.

Melihat foto-foto lama tersebut, aku jadi pingin membandingkan lokasi-lokasi foto itu dulu dengan sekarang. Jadilah aku dan Rakan jalan-jalan keliling Kota Sungai Penuh untuk mengambil gambar dari sudut yang sama dengan sudut gambar yang diambil kamera pada masa lalu.

Nah, yuk kita lihat seberapa jauh perkembangan Kota Sungai Penuh, Kerinci, melalui perbedaannya dari foto tempo dulu dengan foto saat ini.

Taman Makam Pahlawan Bhakti

Perjalanannya kita mulai dari sekitar daerah yang dikenal dengan Asrama Polisi di kaki bukit “Simancik” Sungai Penuh. Di belakang asrama polisi ini terdapat Taman Makam Pahlawan Sungai Penuh yang lama. Karena Makam pahlawan sendiri sudah dipindahkan ke daerah Sungai Liuk, agak ke pinggiran kota sedikit letaknya.

Untuk makam pahlawan lama ini aku punya foto hitam putih dari tahun 1970. Belum ada foto berwarna di saat itu.
Taman Makam Pahlawan Bhakti tahun 1970.


Pada foto tahun 2017, pada pengambilan dengan sudut yang sama, terlihat cukup banyak perubahan dari tempat ini.

Atapnya jelas mendapat pemugaran yang signifikan, apalagi cat-nya. Tangga naiknya juga sudah mendapatkan sentuhan pegangan tangan untuk alasan keselamatan. Di balik gapura taman makam pahlawan ini sudah berdiri bangunan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD).

Yang tidak mengalami perubahan hanya dinding tiang gapuranya saja yang masih menggunakan struktur bangunan yang lama.

Taman Makam Pahlawan Bhakti tahun 2017.


Akedemi Administrasi Kerinci

Akademi Administrasi Kerinci dahulunya merupakan satu-satunya pendidikan tertinggi setingkat D3 di Kabupaten Kerinci. Aku punya foto lulusan wisudawan-nya yang pertama di tahun 1990. Kebetulan papa adalah salah satu lulusan pertama dari lembaga ini dengan gelar MBA.
                                           Akademi Administrasi Kerinci tahun 1990.

Akademi Administrasi Kerinci tahun 1990.

Di tahun 2017 saat aku mengambil foto dengan sudut yang sama, lembaga pendidikan ini masih tetap mempertahankan bentuk aslinya dengan sedikit penambahan untuk mempercantik bangunannya. Dengan cat baru dan ornament ukiran kerinci pada bagian atapnya.

Yang membedakan adalah, lembaga ini “derajat”nya sudah naik menjadi lembaga pendidikan setara dengan S.1. Namanya berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci tahun 2017.

Polisi Militer

Kita turun lagi ke  arah bawah menuju pusat Kota Sungai Penuh, ke arah Lapangan Merdeka. Di daerah ini ada Kantor Polisi Militer. Aku punya foto Kantor Polisi Militer tahun 1991. Kamu bisa lihat keadaan Kantor Polisi Militer yang terletak pas di sebelah kiri Gedung Nasional Kota Sungai Penuh ini.
Kantor Polisi Militer tahun 1991.

Di bawah ini foto Kantor Polisi Militer yang aku ambil di tahun 2017 lalu. Kelihat perubahannya yah sob… Terutama pada warna bangunan dan halaman, serta pada pagarnya yang telah dipugar. Sementara pohon beringin yang ada di halaman depan kantor sudah hilang.

Kantor Polisi Militer tahun 2017.


Gedung Nasional

Gedung Nasional merupakan salah satu tempat yang sangat penting di Kota Sungai Penuh. Gedung Nasional ini multifungsi dari dahulu hingga kini. Gedung ini difungsikan untuk segala macam acara umum maupun acara resmi pemerintahan. Ruangannya yang luas dan berada di pusat kota membuat Gedung Nasional ini selalu digunakan oleh semua orang.

Untuk ukuran Kabupaten Kerinci, Gedung Nasional jelas saja sangat penting, karena sangat susah mencari suatu bangunan yang luas untuk menggelar suatu acara. Sepertinya sampai saat ini hanya Gedung Nasional-lah yang mampu mengakomodir permintaan itu.

Untuk Gedung Nasional ini aku ada fotonya yang tahun 1972, terutama tugu di depan Gedung Nasional ini, yang dapat dikatakan menjadi ciri khasnya Gedung Nasional.




Gedung Nasional tahun 1972.

Foto lainnya tentang Gedung Nasional dan tugu di depannya ada yang dari tahun 1989, saat si Daniel – adik yang bungsu – masih duduk di bangku TK.
Gedung Nasional tahun 1989.


Bagaimana kondisi Gedung Nasional di tahun 2017? Juga tidak banyak berubah. Struktur bangunannya masih seperti sediakala. Jendela-jendela kaca deretnya masih berjajar dengan bentuk dan tata letak seperti di masa lalu.

Hanya saja di bagian atas plafon atapnya sudah dihiasi dengan ornament ukiran khas Kerinci, dan bagian bawah dinding bangunannya diwarnai dengan warna biru. Tercatat bahwa Gedung Nasional ini pernah direnovasi di tahun 1995.
Gedung Nasional tahun 1989.

Pusat Kota Sungai Penuh

Titik pusat kota Sungai Penuh menurut aku adalah di simpang empat dekat Pasar Sungai Penuh, sejajar dengan Gedung Nasional. Pada foto tahun 1991 di bawah ini terlihat jelas bahwa di tengah simpang empat tersebut terdapat sebuah tonggak atau tiang. Seingatku –mungkin – lampu hias jalan.
Pusat Kota Sungai Penuh tahun 1991.

Dan di tahun 2017, di simpang empat ini sudah didirikan miniatur piala adipura yang memang pernah diraih oleh Kota Sungai Penuh ini.
Pusat Kota Sungai Penuh tahun 2017.

Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh

Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh ini sangat vital bagi kegiatan kemasyarakatan di Kabupaten Kerinci. Sudah tidak terhitung banyaknya event yang digelar di sini karena letaknya yang sangat strategis.

Mulai dari upacara HUT RI setiap tahunnya, pameran pembangunan, dan latihan sepakbola juga diadakan di Lapangan Merdeka ini. Bahkan di setiap tahunnya, dua hari raya besar umat islam, yakni Idul Fitri dan Idul Adha juga gelar di Lapangan Merdeka ini.

Nah, di foto tahun 1991 di bawah ini, kita dapat melihat gambaran keadaan Lapangan Merdeka kala itu. Sudah dikelilingi oleh pagar tembok dengan jeruji besi di bagian atasnya. 
Pusat Kota Sungai Penuh tahun 2017.

Foto yang aku ambil di tahun 2017 dengan sudut pengambilan yang sama memperlihatkan keadaan yang terbaru tentang Lapangan Merdeka kebanggaan masyarakat Kerinci ini.

Perbedaannya dengan masa lalu terlihat ketara. Tentunya lebih lapangan ini lebih rapi, lebih indah dan lebih hijau dengan pepohonan yang mengelilinginya. 
Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh tahun 2017.

DPRD Kota Sungai Penuh

Aku punya foto tahun 1990 yang menangkap penampakan bagian depan Gedung DPRD Kerinci saat ini. Kala itu icon dari gedung ini adalah sebuah patung pahlawan nasional daerah Kerinci, Depati Parbo.

Patung ini letaknya tepat di tengah kolam dengan relief perbukitan di sekitar Kerinci. Aku ingat, dulunya di kolam  ini banyak terdapat bunga teratainya. Soalnya, saat kecil, aku suka melempari teratai-teratai itu dengan batu, he he he…
DPRD Kota Sungai Penuh tahun 1990.

Trus, di tahun 2017 aku mengambil foto di tempat yang sama dan dari sudut yang sama. Walaupun patung Depati Parbonya masih ada, namun kolam yang melingkari patung tersebut sudah menghilang, berganti dengan lapangan parkir.
DPRD Kota Sungai Penuh tahun 2017.

Demikian gambaran wajah Kota Sungai Penuh dari masa ke masa ya sob. Buat kamu yang punya foto-foto di masa lalu tentang kota ini, boleh kalian coba mengambil foto dari sudut yang sama di tempat yang sama untuk mendapat gambaran tentang perubahan kota ini, dan menjadi cerita sejarah bagi generasi yang akan datang.

Bams@2018




4 comments:

  1. salam kenal bang, terimakasih atas foto2 nostalgianya, saya pernah tingga l di kerinci tahun 2012 smp 2013

    djangki.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Kenangan yg ga pernah saya lupakan sewaktu tinggal disungai penuh...krna mngkn saya lahir disungai penuh...kolam yg dkt kantor dprd tmpt bermain saya sewaktu kecil

    ReplyDelete
  3. Saya pernah di SMP2 di spn th 1968, kalau kebelet, cukup nongkrong di "kereta api " surau dagang, hehehe....

    ReplyDelete
  4. Saya pernah di SMP2 di spn th 1968, kalau kebelet, cukup nongkrong di "kereta api " surau dagang, hehehe....

    ReplyDelete