Tuesday, January 26, 2016

PULAU TANJUNG LINAU

RUTE DAN CARA MENCAPAI LOKASI

Pulau Tanjung Linau terletak pada koordinat N 00° 42’ 09,8’’ dan E 104° 16’ 32,6’’. Pulau Tanjung Linau hanya bisa diakses melalui jalur laut. Pelabuhan yang tersedia untuk menuju pulau ini adalah Pelabuhan Desa Kampung Baru yang terletak kurang lebih 71 Km dari Simpang Barelang, atau sekitar 6 Km dari Jembatan VI.


5 Km dari Jembatan VI kita akan menjumpai plang nama Desa Kampung Baru di pertigaan sebelah kiri jalan. Masuk ke dalam dengan kondisi jalan sudah diaspal. Di ujung jalan akan kita jumpai Kantor Lurah Desa Kampung Baru, dan Pelabuhan Desa Kampung Baru.

Perjalanan dari Simpang Barelang ke Desa Kampung Baru ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan kecepatan rata- rata 80 km/ jam.

Kapal sebagai transportasi mencapai pulau ini dapat menghubungi Ketua RT Pulau Linau di nomor handphone tertera di atas. Perjalanan dengan menggunakan kapal/ perahu pompong berkapasitas ± 10 orang menghabiskan durasi ± 15 – 20 menit.


RINGKASAN

PENDUDUK 

Penduduk di Pulau ini keseluruhannya adalah Suku Melayu yang telah mendiami pulau ini secara turun temurun di masa lalu. Terdapat 12 kepala keluarga yang mendiami pulau ini.

PENDAPATAN MASYARAKAT

Keseluruhan penduduk di pulau ini berprofesi sebagai nelayan yang menggantungkan kehidupannya dari laut. Oleh karena itu, penghasilan merekapun tidak menentu. Bergantung kepada musim angin di laut. Salah satu warga yang menjabat Ketua RT di pulau ini, Bp. Nurman, mempunyai usaha tambahan tempat pembakaran arang yang mana arang tersebut dijual dengan harga Rp. 3.000,- per Kg. Bahan baku pembuatan arang itu sendiri diambil dari pohon bakau yang ada di sekeliling pulau. Selain itu beliau memiliki usah penyewaan perahu untuk memancing bagi para penggiat hobby memancing.

LISTRIK

Listrik di pulau ini dihasilkan dari genset dengan kapasitas 3.000 watt. Durasi penyalaan listrik dimulai dari Pk. 17:30 WIB s.d. maksimal Pk. 21:00 WIB setiap harinya.

AIR

Terdapat tiga sumber mata air di pulau ini yang dibuat menyerupai sumur. Yang terdekat sekitar 50 m dari pelantar pelabuhan pulau ini. Rasa airnya tawar dan bening. Digunakan oleh penduduk untuk mandi dan mencuci serta untuk kebutuhan memasak.


PENDIDIKAN

Anak- anak Pulau Linau bersekolah ke luar dari pulau. Sekolah terdekat ada Sekolah Dasar (SD) 010 di Tanjung Pengapit atau di Pulau Sembur. Untuk bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya ada di Pulau Sembur

BUDAYA & KESENIAN SETEMPAT

Tidak ada kesenian spesifik di Pulau Linau ini yang dapat ditemukan, mengingat sedikitnya penghuni di pulau tersebut.

PANTAI

Saat survey dilakukan, tidak ditemukan adanya pantai berpasir. Pantai langsung bersinggungan dengan savanna yang sebagian besar memang tumbuh di pulau ini.

KOMUNIKASI

Pulau ini masih dijangkau oleh sinyal provider telkomsel, jadi kartu Halo , kartu Simpati dan kartu As dapat digunakan di pulau ini.

TEMPAT IBADAH

Surau Al Kautsar adalah satu- satunya tempat beribadah di Pulau Linau ini bagi umat muslim. Berukuran sekitar 10 x 10 m, dengan lantai sudah berkeramik. Toilet dan tempat wudhu masih membutuhkan perhatian dan uluran tangan karena belum layak (masih dalam pembangunan/ renovasi).

POTENSI

Potensi wisata yang mungkin dapat dikembangkan di Pulau Linau ini adalah:
-          Menjadi tempat camping ceria dengan selingan mandi di pantai.
-          Wisata fotografi dengan latar savanna yang mempesona.
-          Penyewaan perahu untuk memancing.
-          Potensi bisnis lainnya adalah pembuatan arang.

KETERANGAN TAMBAHAN


Tidak ada anak yatim di pulau ini, namun jika ada donator yang bersedia, dapat memberikan buku- buku iqra mengaji, buku pelajaran dan buku cerita untuk anak- anak, al quran, atau pengecatan ulang untuk surau serta renovasi tempat wudhu dan toilet.


FOTO PERJALANAN

Simpang masuk ke Ds. Kampung Baru. 5 Km dari Jembatan VI.

Pompong sebagai satu- satunya alat penghubung ke dunia luar.

Tanjung Linau dari kejauhan.

Savanna Tanjung Linau dilihat dari laut.

Pelantar/ dermaga.

Mushalla, satu- satunya tempat ibadah.

Sumur air tawar, sumber air warga.

Jalan pulau di antara savanna.

@Bams 2016


No comments:

Post a Comment