Monday, March 28, 2016

PULAU BERHALA (Part 4) - TAK ADA LUMBA- LUMBA, ELANGPUN JADI

Pk. 6:00 pagi bus yang akan membawa team kami sudah sampai di depan asrama TNI tempat kami bermalam. Beberapa teman yang hampir selesai mem-packing barang bawaannya bergegas untuk membereskan perlengkapannya dan buru- buru menuju bus yang telah menunggu.
pulau berhala 23
Guntur dan Ade sebelum naik ke pompong. 

Karena jarak Pelabuhan Dabo dengan asrama TNI Dabo cukup dekat dan searah, hanya membutuhkan waktu lebih kurang 5 menit bus sudah sampai di sebelah pompong yang akan membawa kami ke Pulau Berhala.

Setelah loading barang dan penumpang selesai di atas pompong, perjalanan menuju Pulau Berhala-pun dimulai. Perjalanan laut ke Pulau berhala jika dilakukan dengan speed ferry hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam saja dengan ongkos Rp. 140.000,- sekali jalan. Namun, trayek speed ini hanya ada satu kali per dua hari, di mana pada hari Jumat speed tersebut libur beroperasi. Sedangkan kami karena menggunakan pompong, diperkirakan akan menempuh perjalanan sekitar empat jam. Empat jam yang melelahkan dan membosankan…

Semburat warna kuning di ufuk Timur mengiringi perjalanan membelah lautan ini. Di kiri lintasan pompong yang kami naiki terhampar beberapa kelong milik masyarakat Dabo, sementara di sebelah kanan, jajaran pantai Pulau Dabo terhampar berpuluh- puluh kilometer panjangnya menunggu untuk digarap untuk dijadikan objek wisata.
pulau berhala 24
Saat mentari pagi muncul di balik awan.

pulau berhala 25
Bias mentari mengiringi perjalanan Team Jelajah PARI.

Uniknya, pada perjalanan pagi ini diwarnai hadirnya seekor elang yang menghiasi angkasa saat pompong yang kami naiki bergerak tertatih- tatih. Penampakan pertama dari elang ini adalah terbang mengelilingi kami. Setelah berjalan beberapa waktu, sang elang terbang mendekati dan hinggap di kelong tak berapa jauh dari pompong kami.
pulau berhala 26
Penampakan pertama sang elang penuntun.

pulau berhala 27
Sang elang mengawasi Team Jelajah PARI.

Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi anggota team. Ibarat lumba- lumba yang biasa menuntun jalannya sebuah kapal, sang elangpun sepertinya juga memandu jalannya pompong yang kami tumpangi menuju Pulau Berhala.

Bams @2016



BAMS2 photo BAMS2.jpg YULI2 photo OELIEL2.jpg ZAKI photo ZAKI.jpg RAIHAN photo RAIHAN.jpg RAKAN photo RAKAN.jpg KEENAN photo KEENAN.jpg

No comments:

Post a Comment