Friday, March 8, 2019

TIPS & TRIK Memindahkan Foto Dari Kamera DSLR Ke Handphone


Sobat wisata, jika sedang bepergian, jalan-jalan atau travelling, tentunya kamu ada yang membawa kamera mirrorless atau DSLR bukan? Jika kamu membawa mirrorless, tentunya tidak ada masalah saat akan memposting hasil jepretanmu ke medsos. Tinggal hidupkan wi fi nya, trus transfer ke handphone via wi fi tersebut. Selesai…



Nah, bagi kamu yang membawa kamera DSLR, tentunya akan merasa sedikit jengkel yah, karena hasil jepretanmu harus menunggu ditransfernya ke laptop di rumah, baru kemudian  foto-foto di kamera itu dapat kamu posting ke  akun medsos kamu. Fotonya jadi keburu basi karena kameranya ga mendukung bukan?

Di pasaran memang ada dijual kartu memori buat kamera DSLR yang didukung wi fi. Artinya kartu memori tersebut sudah built in  dengan teknologi wi fi untuk memindahkan data. Namun harganya cukup mahal. Info yang aku dapat, berkisar Rp. 300.000,-

Tapi kamu jangan khawatir. Nih, aku kasih tips dan trik cara cepat memindahkan data dari kamera DSLR kamu ke HP kamu tanpa melalui laptop. Disimak yah…

Yang kamu butuhkan dalam hal ini ada 4 benda pendukung. Yang pertama tentu saja kamera DSLR kamu. Yang kedua adalah handphone kamu, dan yang ketiga adalah kabel data bawaan kamera DSLR kamu, serta yang keempat, ini adalah kuncinya, sebuah alat kecil molek bernama OTG Card Reader.

OTG Card Reader.


Bagaimana caranya?

Pertama, pastikan handphone kamu memiliki fitur OTG. Coba lihat di handphone kamu, tepatnya di bagian setting/ pengaturan, apakah sudah memiliki fitur OTG ini? Nah, karena aku memakai handphone merk vivo, fitur OTG ini ada di bagian setting-nya. Mungkin di handphone kamu letaknya di tempat yang berbeda. Temukan!

OTG di bagian pengaturan pada handphone.


Jika kamu sudah menemukan fitur OTG ini, lalu aktifkan.

Langkah kedua, pasang kabel data di kamera DSLR kamu dan di ujung lainnya pasang OTG Card Reader yang langsung dicolokan ke handphone kamu.

Langkah ketiga, hidupkan kamera DSLR kamu. Secara otomatis handphone kamu akan membaca data yang ada di kamera kamu. Biasanya akan muncul jendela dialog yang meminta izin kamu, apakah memberikan izin akses ke kamera DSLR atau tidak. Klik contreng saja di kolom persetujuan dan lalu klik OK.

Kotak dialog persetujuan OTG.


Langkah keempat, handphone kamu sedang melakukan pembacaan data yang ada di dalam kamera DSLR kamu. Tunggu sebentar, layar di handphone akan langsung beralih menuju ke folder gallery atau album di handphone kamu.

Pada pengalaman aku, data yang ada di dalam kamera DSLR sebanyak tiga ribu lebih, dibaca tidak sampai satu menit oleh handphone, lalu ditampilkan di layar handphone, yakni di folder gallery atau album. Lalu kita tinggal memilih (select) foto-foto yang ingin kita pindahkan ke handphone untuk diposting di media sosial, kemudian tinggal klik icon “import” yang muncul di bawah tampilan layar handphone.


Lubang koneksi OTG di kamera DSLR.

Koneksi antara handphone dan kamera.


Transfer data dari kamera DSLR ke handphone dengan bantuan OTG Card Reader ini berlangsung cepat, tidak memakan waktu lama. Saat aku mencoba transfer data sekitar 50 photo, transfer data tersebut hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Tidak sampai hitungan menit. Cepat bukan?

Nah, dimana kamu dapat membeli OTG Card Reader ini? Tentunya alat molek yang ngegemasin ini dapat kamu temukan di toko-toko yang menjual peralatan atau pernak-pernik kamera DSLR. Namun karena alat ini jarang ada orang yang tahu penggunaannya, tidak semua toko kamera juga ada menjualnya, karena tidak semua penjual kamera juga tahu fungsi OTG Card Reader ini. Berarti kamu harus rajin tanya-tanya dari satu toko ke toko lainnya.

Foto-foto yang telah ditransfer ke handphone dari kamera SLR.


Harganya? Lumayan terjangkau, di Batam aku dapat membeli dengan harga Rp. 50.000,- per unit. Mungkin di daerah kamu bisa lebih murah sedikit, atau lebeih mahal sedikit. Tergantung jagonya kamu menawar.

Nah, bagi kamu yang hobby berpetualang, pendaki gunung, penjelajah, pejalan, traveler, tukang ngelayap, OTG Card Reader ini sangat perlu agar kamu tetap dapat eksis tanpa dibatasi oleh koneksi antar gadget yang kamu punya. Selamat mencoba.   

Bams @2019

No comments:

Post a Comment