Sunday, September 9, 2018

KOTA SUNGAI PENUH SEKITAR BANK BRI TEMPO DULU

Sempat pulang ke Kota Sungai Penuh beberapa waktu yang lalu, dan punya kesempatan untuk keliling kota yang berhawa sejuk ini, melihat setiap sudutnya dari dekat. Banyak cerita yang terlewatkan di kota ini, di jalanannya, lapangannya, bahkan sampai ke lorong-lorongnya.


Iseng-iseng buka album di rumah, dan foto-foto di masa lalu-pun bertebaran di banyaknya koleksi album orang tua di rumah. Papa memang dari dulu suka mengabadikan berbagai momen yang dijalaninya. Mulai foto-foto saat beliau masih muda, masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai momen bagi kami sekeluarga, atau bersama rekan-rekan sekantornya sewaktu masih bekerja di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sungai Penuh dulunya.

Melihat foto-foto lama tersebut, aku jadi pingin membandingkan lokasi-lokasi foto itu dulu dengan sekarang. Jadilah aku dan Rakan jalan-jalan keliling Kota Sungai Penuh untuk mengambil gambar dari sudut yang sama dengan sudut gambar yang diambil kamera pada masa lalu.

Nah, yuk kita lihat seberapa jauh perkembangan Kota Sungai Penuh, Kerinci, melalui perbedaannya dari foto tempo dulu dengan foto saat ini.

Sekitar Bagian Atas Bank BRI Sungai Penuh

Perjalanannya kita mulai dari sekitar kantor BRI Cabang Sungai Penuh. Tepatnya simpang empat di sekitar bank BRI tersebut, dimana terdapat SDN 4 Sungai Penuh di sebelah atasnya. Foto ini diambil pada tahun 1977. Jelas terlihat bangunan SDN 4 sepertinya masih semi permanen. Pagar bamboo menjadi pembatas halaman yang memisahkan halaman sekolah dengan jalanan. 
 Bagian atas bank BRI Sungai Penuh tahun 1977.


Lalu ada foto dari tahun 1982 di tempat yang sama dengan latar belakang yang sama. Di tahun ini bangunan SDN 4 belum banyak berubah, selain pagar bambunya sudah tidak ada lagi. Malah SD ini tidak mempunyai pagar lagi sebagai pembatasnya.
Bagian atas bank BRI Sungai Penuh tahun 1982.


Pata tahun 1985, SDN 4 sepertinya sudan mengalami kemajuan dengan renovasi, terlihat secara tidak sengaja dari dari foto di bawah ini. Bangunannya sudah rapi, dan mempunyai pagar tembok yang bagus.

Sementara, terlihat dari halaman bank BRI juga mengalami perubahan. Pagar pada foto tahun 1977 dan 1982, pada tahun 1985 sudah berganti dengan pagar baru.
Bagian atas bank BRI Sungai Penuh tahun 1985.

Sementara, foto terbaru di bawah ini, yang diambil tahun 2017 yang lalu, memperlihatkan gedung SDN 4 masih tidak banyak perubahan, selain aku yakin bahwa atapnya sudah diganti dengan yang baru, dan di persimpangan seberang SDN 4 ini bertambah banyak tiang dan balihonya iklannya.
Bagian atas bank BRI Sungai Penuh tahun 2017.

Bagian Seberang Depan Bank BRI Sungai Penuh

Nah, untuk bagian seberang depan bank BRI, di bawah ini aku punya foto tahun 1970-an. Dari foto ini sepertinya dapat disimpulkan pengambilannya saat acara gerak jalan atau pawai pembangunan sekitar tanggal 18 Agustus. Kita tahu, dari dulu Kota Sungai Penuh memang rutin menggelar pawai pembangunan dalam rangka HUT kemerdekaan RI ini. Di ujung jalan sana terlihat kubah dari Masjid Agung Pondok Tinggi berdiri gagah menjulang, dan di sebelah kanan jalan ada sebatang pohon kelapa.
Depan bank BRI Sungai Penuh tahun 1970an.

Untuk sudut foto yang sama, di bawah ini aku punya foto tahun 1985. Foto ini juga diambil saat acara pawai pembangunan sekitar tanggal 18 Agustus. Di ujung jalan sana terlihat kubah dari Masjid Agung Pondok Tinggi yang masih menjulang, dan di sebelah kanan jalan pohon kelapanya sudah mulai tinggi.
Depan bank BRI Sungai Penuh tahun 1985.

Nah, foto yang aku ambil di tahun 1997 di bawah ini, dari sudut yang sama dapat bercerita kepada kita, bahwa dalam rentang waktu 32 tahun, tidak banyak yang berubah, selain hanya pagar di pinggir jalan dan pohon kelapa yang telah berubah menjadi tiang listrik.
Depan bank BRI Sungai Penuh tahun 2017.

Bagian Belakang Bank BRI Sungai Penuh

Untuk bagian belakang bank BRI Sunagi Penuh, aku Cuma menemukan satu lembar foto yang diambil pada tahun 1990. Tepatnya tanggal 25 November 1990. Jika dilihat dari momennya, ini dapat dipastikan adalah acara gerak jalan atau jalan santai dalam rangka memperingati HUT BRI.
Belakang BRI tahun 1990.

Bagaimana perubahannya setelah 17 tahun berlalu? Kuy kita lihat foto di bawah ini yang aku ambil di tahun 2017 lalu. Ternyata perubahan yang signifikan hanya terjadi pada jalannya. 17 tahun yang lalu jalannya masih lebar dengan system dua arah, sedangkan di tahun 2017 jalannya sudah dibagi dua dengan system satu arah.

Selain itu pohon yang ada di trotoar pada foto tahun 1990, pada tahun 2017 sudah tidak ada lagi, Walaupun demikian, pagar bagian belakang rumah dinas BRI ini masih tetap seperti sedikala, belum ada perubahan.
Belakang BRI tahun 2017

Bank BRI

Untuk bank BRI Sungai Penuh sendiri, aku punya foto paling lama tahun 1975. Terlihat di foto tahun 1975 ini, sepeda masih merupakan barang mewah dan kendaraaan yang terbatas di masa itu. Plang nama bank BRI-pun masih terbuat dari kayu atau plat biasa yang dipasang di atas pintu masuk utama, sementara untuk sekedar pengumuman bagi nasabah atau stafnya masih menggunakan papan tulis dengan kapur tulis.
Bank BRI Sungai Penuh tahun 1975

Bank BRI Sungai Penuh tahun 1975

Kemudian aku punya foto tahun 1985, dimana sepertinya bank BRI sudah mengalami pemugaran, sehingga di bagian depan bank pada periode ini sudah ada kanopi.
Bank BRI Sungai Penuh tahun 1985.

Di tahun 90an, BRI sepertinya juga melakukan sedikit renovasi lagi dengan gedungnya, walaupun kanopi di bagian depan tetap dipertahankan. Pada periode ini, bank sudah menggunkan kendaraan mobil sebagai alat tranportasi operasionalnya. Terlihat sedikit bagian belakang mobil jeep hard top di dalam foto di bawah ini.
Bank BRI Sungai Penuh tahun 1990an.

Nah, di tahun 2017 yang lalu saat aku melakukan pengambilan gambar pada sudut yang sama dengan foto tahun 90an, bank BRI sedang melakukan renovasi kembali. Saat itu renovasi masih berjalan, jadi belum tahu akan seperti apa finishing bangunan bank BRI hingga tahun 2018 ini.
Bank BRI Sungai Penuh tahun 2017.

Nah, begitulah sedikit gambaran perubahan Kota Sungai Penuh pada titik di sekitar bank BRI Sungai Penuh dan SDN 4 Sungai Penuh. Kamu juga dapat mereview perkembangan kota ini jika kamu punya atau menyimpan foto-foto masa lalu kota ini ya sob.

Bams@2018



No comments:

Post a Comment