Tuesday, November 11, 2014

REFLEKSI PENGANTIN BARU

Sahabat Bams Nektar, pada tulisan dengan label “JOURNEY” ini saya lebih tertarik untuk focus pada momen- momen detail dari suatu perjalanan yang telah saya lalui. Dalam kalimat yang berbeda itu berarti saya mencoba untuk meng”capture” momen- momen yang spesifik yang saya jumpai di dalam perjalanan tersebut.

Momen tersebut mungkin tidak berarti apa- apa bagi rata- rata kita yang setiap hari menjumpainya, namun saya mencoba mengajak sahabat Bams Nektar sekalian untuk “berhenti” sejenak, hanya sekedar untuk “menikmati” dan menyadari bahwa realita itu ada dan semoga saja memori kita masih ada sudut kosongnya untuk menyimpan hal- hal “kecil” tersebut J .


Karena ini merupakan “momen kecil” dari sebuah perjalanan, jangan harap ada paragraph panjang layaknya suatu Catatan Perjalanan yah :D

Okay,,,, ini capture (tangkapan) yang pertama dari saya di blog ini ,,,


Foto ini saya ambil di depan Gedung RRI, Kota Padang, Sumatera Barat. Ini foto perkawinan dengan adat Minangkabau. Diambil pada Tanggal 24 Februari 2013 yang lalu. Saat itu para mempelai sedang berjalan memasuki gedung resepsinya.

Foto ini saya ambil dengan kamera Nikon D90, yang cara settingnyapun saat itu saya masih bingung mau bagaimana :D . Inipun dalam rangka belajar motret, berguru ke om saya yang adalah seorang fotografer di Kota Padang. Untuk belajar motret ini saya harus menebus tiket pesawat Batam- Padang PP. Yah,,, ikut adagium “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Ilmu itu memang mahal :D

Bagi orang Minang, mungkin foto ini biasa saja. Rata- rata resepsi perkawinan di daerah Sumatera Barat memang menggunakan pakaian yang seperti demikian.

Hal- hal kecil yang baru saya sadari dari foto yang saya ambil hampir dua tahun yang lalu ini adalah bahwa, dua pasang pengantin ini, yang perempuan beradik- kakak, wajah mereka bagai pinang dibelah dua. Coba perhatikan deh… Yang mana yang adik? Yang mana yang kakak? Saya juga tidak tahu… Karena wajah mereka bak pinang dibelah dua, seandainya saya yang berada di posisi sebagai mempelai pria, hal pertama yang saya khawatirkan adalah bahwa, saya takut malam pertama nanti saya salah masuk kamar J .

Saya baru menyadari hal kecil lainnya di foto ini, mempelai prianya sama- sama menggunakan kaca mata, kompak J .

Satu lagi hal yang terlewatkan dan baru saya sadari, dua pasang pengantin ini seolah- olah membentuk suatu mirroring , atau bisa dibilang membentuk suatu refleksi. Coba perhatikan !

Pria di kiri saling berhadapan dg pria di kanan. Wanitanya sama- sama menghadap ke depan. Wanitanya sama- sama menggandeng tangan si pria. Posisi tangan para pria juga sama- sama lurus. Lipat dua deh foto ini, pasti mereka berdua akan dempet atau bertemu pada suatu posisi yang sama persis. Jangan dilipat dua layar laptopnya yah…. J .

Pertanyaan yang menggelitik saat ini dari saya, apakah mereka sekarang sudah mempunyai keturunan? Di mana mereka tinggal saat ini? Apakah mereka hidup bahagia? Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Dan pertanyaan- pertanyaan kecil lainnya…

Entahlah…. 



BAMS2 photo BAMS2.jpg YULI2 photo OELIEL2.jpg ZAKI photo ZAKI.jpg RAIHAN photo RAIHAN.jpg RAKAN photo RAKAN.jpg KEENAN photo KEENAN.jpg

No comments:

Post a Comment