Friday, November 14, 2014

SANDAL GUNUNG, TALI KARMANTEL DAN CARABINER

Yang gak mau rugi, pasti baca tulisan ini…

By : Bams Nektar
Trik inspirasi untuk Pendaki #24

Tidak dipungkiri lagi pada masa sekarang, rata- rata para pendaki atau traveler (petualang) menggunakan sandal gunung (sandal outdoor) untuk melengkapi performance mereka saat mereka melakukan aktivitas kesehariannya atau pada saat melakukan kegiatan outdoor mereka.
Jalur sungai lebih nyaman memakai sandal.
Sandal gunung tersebut saat inipun sudah banyak tersedia di pasaran, baik yang dibuat oleh produsen local maupun yang berasal dari luar negeri. Warna dan modelnyapun bermacam- macam, serta diikuti oleh harga yang bermacam- macam pula. Kita tinggal menyesuaikan dengan budget keuangan yang kita punya untuk memilikinya.

Dari bermacam- macam model sandal gunung tersebut, rata- rata sandal gunung menggunakan Trigonal Plastic Connector (TPC) sebagai connector (penyambung) pada titik temu tali/ rope (webbing) nya. Penggunaan TPC ini merupakan suatu inovasi untuk sandal gunung yang dulunya menggunakan bahan besi sebagai webbing connector  yang rentan karatan karena memang sandal biasanya digunakan untuk segala medan basah dan kering.

TPC pada sandal gunung.

Penggunaan TPC sendiri sebagai connector dianggap lebih praktis, ringan dan anti karat. Namun bukannya tanpa kekurangan. TPC tersebut karena terbuat dari bahan dasar plastik, juga rentan patah atau pecah sehingga sandal gunung bisa lepas dari kaki si pemakainya.

Untuk menyiasati hal tersebut, Saya biasanya kemana- mana selalu memakai gelang tali karmantel. Selain untuk aksesoris di tangan, tali karmantel tersebut sangat berguna saat keadaan darurat, di mana TPC sandal Saya patah atau rusak, tali karmantel berfungsi untuk menggantikan TPC tersebut. Penggunaannya juga mudah, yakni dengan mengurai simpul gelangnya, memotongnya sesuai dengan panjang ukuran yang diinginkan, lalu memasukan tali tersebut ke celah webbing tempat TPC yang rusak. Satukan atau sambung tali karmantel tersebut dengan nyala api, dengan membakar kedua ujungnya lalu rapatkan.

Rata- rata sandal gunung saat ini menggunakan TPC.

Selain tali karmantel, Saya juga suka membawa beberapa macam ukuran carabiner dalam berbagai warna. Kadang carabiner tersebut Saya gunakan untuk gantungan kunci atau bisa juga dijadikan mainan penghias pada resleting tas.

Carabiner sebagai pengganti TPC.

Carabiner tersebut, terutama juga dapat menjadi pengganti TPC sandal gunung yang rusak. Bahkan carabiner tersebut lebih kuat dan anti karat. Pada sandal gunung Saya sendiri terdapat 2 TPC pada masing- masing sandal sebelah kanan dan kiri. Sayangnya total keempat TPC tersebut juga sudah rusak dan sudah digantikan oleh carabiner mungil beraneka warna.

Penggunaan carabiner tersebut sebagai pengganti TPC malah membuat sandal gunung saya menjadi lebih trendi dan atraktif. Tidak heran banyak yang melirik ke  arah sandal gunung Saya :D

Carabiner sebagai pengganti TPC.

Nah, kawan- kawan yang budiman, jika TPC sandal gunungmu rusak atau patah, jangan buru- buru untuk membuang sandal tersebut. Masih dapat dipakai, kok. Tentunya dengan sedikit usaha yang telah Saya informasikan di atas. Jika bertemu dengan situasi yang sama seperti yang telah Saya uraikan di atas, selamat mencoba untuk mempraktekannya.

Gunakan Hati Saat Mendaki.
Salam satu jiwa.

* * * *  *

Bagi ilmu-mu dan tunjukan trik-mu kawan. Berbagi itu indah.

Semoga dengan berbagi jiwamu tercerahkan.

* B4MS *


* * * *  *
Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Artikel yang diadakan oleh cadventura.com untuk kategori TIPS & TRIK, dan meraih nominasi JUARA 1. Tulisan ini juga dapat di lihat di cadventura.com – SANDAL GUNUNG, KARMANTEL DAN CARABINER 



BAMS2 photo BAMS2.jpg YULI2 photo OELIEL2.jpg ZAKI photo ZAKI.jpg RAIHAN photo RAIHAN.jpg RAKAN photo RAKAN.jpg KEENAN photo KEENAN.jpg

No comments:

Post a Comment