Monday, March 25, 2019

Public Expose Exploring Lingga Memperkenalkan Lingga Lewat Road Show

BATAM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga sukses menggelar promosi pariwisata bertajuk "Public Expose Exploring Lingga" di Auditorium Universitas Universal Vihara Duta Maitreya, Batam Centre, Senin (25/3).

Event yang dimoderatori oleh MS Laba ini menampilkan dua orang pembicara, yakni Raja Fahrurrazi selaku Kadisparpora Kabupaten Lingga, dan Edi Sutrisno selaku penyusun buku "Exploring Lingga" dan penggiat wisata Kepri, khususnya wisata di Lingga.

Ditemui sebelum acara dimulai, Raja Fahrurrazi menjelaskan bahwa, road show yang digagas oleh Disbudpar Lingga ini akan dilaksanakan dalam lima kali di tahun 2019 ini, dan lokasinya akan tersebar di beberapa tempat di Kepri. "Untuk tahap awal, road show ini kita gelar di Batam, dengan melibatkan kalangan akademisi dan juga mengundang beberapa asosiasi pariwisata yang ada di Batam, juga beberapa agen perkapalan," jelas Raja Fahrurrazi.

"Kita mencoba memperkenalkan Lingga lebih intens kepada khalayak ramai. Jarak Lingga dengan Batam itu cukup dekat, cuma satu jam saja. Namun masih banyak yang belum familiar dengan Lingga. Lingga itu apa? Ada dimana? Dan kenapa kita harus ke Lingga? Di road show inilah kita jabarkan semuanya tentang Lingga, agar semua orang tertarik untuk mengunjungi Lingga," terangnya dengan antusias.
Para undangan yang hadir.

Dalam acara yang dimulai pada pukul 16:30 wib ini, Raja Fahrurrazi membuka pemaparannya dengan pemutaran video yang menggambarkan Lingga secara komulatif. Mulai dari air terjun resun, pantainya, Gunung Daik, museum Linggam Cahaya, dan kultur yang ada di Lingga yang mencakup budaya tari, musik, batik dan permainan tradisionalnya.

Lebih jauh Raja Fahrurrazi juga memperkenalkan Lingga sebagai "Bunda Tanah Melayu" melalui sejarah kesultanannya, kemudian beranjak ke Pulau Benan dengan pasir putihnya, Pulau Sikeling adalah andalan Lingga, dimana di pulau ini merupakan jalur yang dilewati garis equator, Pulau Pena'ah dengan eksotismenya, air panas Singkep, Tugu Mini Khatulistiwa, Situs Istana Damnah, Situs Komplek Makam di Bukit Cengkeh, ritual Mandi Syafar, Suku Laut, dan joget Dangkong.

Edi Sutrisno selaku penggiat wisata Kepri memaparkan di depan para tamu undangan yang hadir tentang banyaknya keistimewaan Lingga sebagai pusat sejarah Melayu. "Benteng saja ada lima di Lingga, makam sultan ada tiga di satu komplek pemakaman di Lingga, ini sangat luar biasa," ujarnya.
Edi Sutrisno memaparkan potensi wisata Lingga.

"Tempat yang wajib dikunjungi jika kita ke Lingga, adalah Masjid Jami' Sulthan, Bukit Cengkeh, air panas Singkep, patung singa hadiah dari kaisar Tiongkok kepada sultan dahulunya yang sudah berumur lebih dari seratus tahun, situs Istana Damnah, situs istana Bilik 44, Tugu Khatulistiwa, dan bekas Benteng-benteng pertahanan, serta air terjun Resun," tutup Edi.

Sementara itu, dalam acara yang dihadiri oleh 87 orang dari civitas akademika dan undangan lainnya ini, tranportasi dan penginapan di Lingga masih menjadi salah satu isu yang ditanyakan oleh undangan. Selain itu, ada juga yang menanyakan tentang wisata kuliner dan satwa yang ada di Lingga. Semua itu dijelaskan dengan ringkas oleh para nara sumber dengan jadwal ferry dari Batam dan beberapa penginapan, hotel dan guest house yang telah tersedia di Lingga. Transportasi bus dan rental mobil atau motor juga ada di Lingga.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor Universitas Universal, Aswandi menyambut baik terlaksananya road show ini. Aswandi menganggap bahwa acara ini membuka wawasan tentang Lingga dan segala keunikan dan daya tarik khasnya. Untuk itu pihak Universitas Universal sudah menjalin MoU dengan pihak Disparpora Lingga dalam hal pengembangan seni di Kabupaten Lingga.

Raja Fahrurrazi memaparkan tentang potensi yang dimiliki oleh Lingga.

"Di bulan April nanti akan ada kunjungan dari pihak universitas ke Lingga guna menindaklanjuti MoU yang sudah terjalin dengan Disparpora Lingga ini. Kita juga punya prodi seni tari di sini. Melalui prodi inilah nanti kita akan coba melestarikan dan mengembangan budaya seni tari Melayu yang ada di Lingga," tandasnya.(**)

Bams@2019


1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete