Tuesday, November 11, 2014

CARRIER YANG TEPAT AKAN MENDATANGI PENDAKI YANG SUDAH SIAP ( REVIEW DEUTER FUTURA VARIO 50 + 10 L)

By : Bams Nektar
Review bagi Pendaki

Seingat Saya, sepanjang Saya menikmati hobby travelling, mendaki gunung, hiking dan kegiatan out door lainnya, sudah empat carrier yang Saya gunakan untuk menemani perjalanan Saya. Di mulai Tahun 1993 dengan menggunakan carrier pertama yang Saya lupa nama merk-nya, karena memang bukan merk terkenal, pada saat saya mendaki ke Gunung Kerinci waktu itu. Lalu carrier kedua merk eiger 60 L dan kemudian menggunakan carrier ketiga eiger 70 L, serta beberapa tahun kemudian punya rezeki buat beli carrier keempat merk boogie 70 L type Leuser 3381.

Deutter Futura Vario 50+10 L
Jujur saja, carrier pertama sampai ketiga belinya masih pakai duit orang tua, dengan cara merayu sambil mijitin kaki bapak di rumah sambil pasang wajah memelas, he he he. Nah, untuk carrier yang keempat, Saya sudah pakai duit hasil gaji sendiri, hasil keringat sendiri, yang Saya beli saat kebetulan lagi dinas kerja ke Bandung di Tahun 2009 yang lalu.

Dasar memang nafsu tidak bisa ditahan, saat melihat salah seorang teman memakai carrier deuter saat pendakian ke Rinjani Tahun 2013 yang lalu, Saya malah kepingin punya Deuter juga. Jadilah Saya hunting sana- sini buat nyari Deuter yang kira- kira pas buat menjadi carrier kelima Saya, terutama nyarinya lewat belanja on line. Maklum, di daerah domisili Saya tidak ada gunung jadi jarang yang jual peralatan hiking atau climbing, jadi jika pingin punya peralatan hiking atau peralatan out door sport lainnya harus hunting on line ke Jawa, atau nyari ke Negara tetangga, Singapura, Malaysia atau Vietnam.

Ada sebuah “adagium” pendaki yang Saya ciptakan sendiri (maksa), yakni “Carrier yang tepat akan mendatangi pendaki yang sudah siap”. Akhirnya pilihan Saya untuk carrier kelima Saya jatuh pada Deuter Futura Vario 50+10 L. Pertimbangan Saya memilih ukuran dengan kapasitas tersebut sebenarnya didasarkan kepada bahwa Saya sudah memiliki dua carrier berukuran besar sebelumnya, yakni ukuran 70 L yang Saya gunakan untuk track jarak jauh dengan waktu yang panjang. Sementara untuk track jarak pendek dan atau menengah Saya membutuhkan carrier yang kapasitasnya sedang.

Bersama Deutter di track kebun sawit, Koto Tinggi, Johor Bahru, Malaysia.
Deuter Futura Vario 50+10 L memenuhi kebutuhan Saya tersebut. Saya sangat suka desain netting air contact system (air confort suspension system) pada bagian yang bersentuhan langsung dengan punggung si pemakai pada type ini dibandingkan deuter type lainnya. Awalnya Saya kira netting tersebut akan cepat rusak atau putus, namun setelah melihat dan merasakannya secara langsung, apalagi setelah beberapa kali pemakaian, ternyata bahan netting-nya sangat bermutu dan sangat kuat.

Selain itu, dengan desain netting air contact system tersebut, membuat punggung saya tetap terasa adem karena punggung tidak bersentuhan langsung dengan permukaan carrier, netting tersebut membuat jarak antara punggung dengan carrier serta menciptakan suatu air ventilation (ventilasi udara) yang membuat sirkulasi udara di antara punggung dan carrier sangat lancar dan punggung dapat dengan leluasa “bernafas”.

Selain itu, Saya juga menyukai adjustable system di bagian punggungnya untuk menyesuaikan tinggi rendahnya tali pundak di punggung carrier tersebut. Dengan meng-adjust ke posisi yang paling rendah, carrier akan menjadi naik lebih tinggi di punggung kita, lebih tinggi dari pinggang, sehingga pinggang tidak cepat pegal dan beban carrier dapat merata di permukaan punggung.

Layaknya carrier- carrier zaman sekarang, compartment-nya dibagi dua bagian, bagian atas dan bawah. Bagian bawah biasanya Saya gunakan untuk tempat meletakan sleeping bag, atau jika tidak membawa sleeping bag, compartment bawah tersebut untuk meletakan pakaian kotor atau sandal sehingga terpisah dengan pakaian bersih yang Saya letakan di compartment atas.

Bersama deutter di track cadas Gn. Marapi, Koto Baru, Sumatera Barat.
Compartment atas mempunyai resleting luar di bagian depannya. Hal ini memudahkan Saya jika ingin mengambil sesuatu dari dalam carrier, jadi tidak perlu membuka carrier dari sisi atas kepala carrier, cukup membuka resleting luar carrier saja, barang yang diperlukan sudah dapat diambil. Sementara itu juga terdapat satu kantung kecil di bagian depan dengan resleting yang buat Saya berguna sekali untuk menyimpan beberapa dokumen perjalanan, seperti passport, tiket pesawat atau kereta, tanda pengenal, dan lain sebagainya.

Melihat body-nya yang agak melengkung karena efek air confort suspension system yang tersemat pada carrier ini, awalnya Saya sempat khawatir body tersebut tidak dapat dibentuk menjadi “cantik” dengan matrass yang di masukan ke dalamnya, namun setelah mencoba (dengan sedikit memaksa :D ), body carrier dapat dibentuk juga, bahkan untuk kedalaman dan tingginya carrier tersebut pas selebar dengan bentangan matrass.

Carrier Deuter Futura Vario 50+10 L ini pada dasarnya tersedia dalam beberapa warna, yakni merah, biru, hijau dan hitam. Sementara Saya lebih memilih untuk membeli carrier yang berwarna biru, yang menurut afiliasi psikologi warna adalah bahwa warna biru merupakan warna yang  menjadi symbol dari kepercayaan, konsistensi, dan pemacu konsentrasi. Semoga…

Carrier ini sudah Saya coba dengan pengisian penuh dalam tiga perjalanan pendakian, yakni yang pertama pada pendakian ke Gunung Marapi (2.891 mdpl) di Sumatera Barat pada Desember 2013 yang lalu, disambung kemudian ke pendakian yang kedua ke Danau Gunung Tujuh (1.950 mdpl) di Kerinci, Jambi pada bulan dan tahun yang sama, lalu pada pendakian yang ketiga ke Gunung dan Sisek Water Fall di Koto Tinggi, Johor Bahru, Malaysia. Rasanya sungguh luar biasa, dibandingkan dengan carrier lainnya yang Saya punya, Deuter Futura Vario 50+10 L ini memberikan “sensasi” beban di punggung terasa lebih ringan. Hal ini juga dikarenakan Carrier Deuter Futura Vario 50+10 L ini dilengkapi sabuk dada dan sabuk pinggang untuk mendistribusikan berat carrier ke seluruh punggung.

Bersama deutter di track sungai, Sisek Waterfall, Koto Tinggi, Johor Bahru, Malaysia.
Untuk masalah harganya, carrier ini terus terang Saya beli dengan harga jauh lebih tinggi dari carrier- carrier Saya yang lainnya, ditambah dengan ongkos kirimnya ke Pulau Batam. Namun Saya rasa sebanding dengan ejakulasi (baca : kepuasan) yang Saya dapat dalam memiliki dan menggunakannya. Dalam bisnis Saya, Saya biasa menyebutnya “Ada rupa, ada harga”. Jika anda puas, harga menjadi nomor dua :D

Carrier ini juga dilengkapi dengan cover carrier bawaan berlogo deuter, namun saking sayangnya Saya dengan carrier ini, setelah di-cover dengan cover carrier bawaannya, Saya tambah satu lapis rain cover carrier lagi agar jangan cepat rusak atau kotor cover bawaannya :v .

Label kertas deter-nya masih lengkap :D
Dan karena saking sayangnya juga, hanya bobo saja yang tidak saya selimuti dan keloni, takut bini cemburu, hihihi. Sementara untuk  label kertas merk deuter-nya yang masih menggantung di luar carrier, masih tetap Saya biarkan ada pada tempatnya. Belum Saya lepas, jadi carriernya senantiasa masih kelihatan seperti baru :v .

Salam satu jiwa

* * * *  *

Carrier yang tepat akan mendatangi pendaki yang sudah siap.

Semoga dengan berbagi jiwamu tercerahkan.

* B4MS *

* * * *  *
Bams mengajak untuk :

 “GUNAKAN HATI SAAT MENDAKI”

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Artikel yang diadakan oleh cadventura.com untuk kategori REVIEW PERALATAN HIKING. Tulisan ini juga dapat dibaca di cadventura.com – CARRIER YANG TEPAT AKAN MENDATANGI PENDAKI YANG SUDAH SIAP 


BAMS2 photo BAMS2.jpg YULI2 photo OELIEL2.jpg ZAKI photo ZAKI.jpg RAIHAN photo RAIHAN.jpg RAKAN photo RAKAN.jpg KEENAN photo KEENAN.jpg

No comments:

Post a Comment