Thursday, November 13, 2014

REVIEW DAYPACK YUKON CONSINA

Daypack adalah salah satu pelengkap perjalanan Saya, khususnya di dalam kota. Sangat berguna sekali untuk membawa beberapa pernak- pernik kecil namun dalam jumlah banyak yang tidak dapat ditampung oleh sebuah tas selempang saja. Pernak- pernik tersebut Saya prediksi sebagai pelengkap perjalanan dan kebutuhan harian Saya sehingga pada saat dibutuhkan, Saya tidak harus bingung pinjam sana- sini atau kebingungan nyari di mini market terdekat.
  Daypack Consina Yukon


Isinya bisa bermacam- macam, mulai dari sebotol air mineral sebagai pencegah bahaya dehidrasi (maklum, Kota Batam cukup panas), gunting kuku, multi blade tool, pena, notes, coklat batangan :D , bahkan selembar baju ganti dan jaket. Jaket untuk cuaca yang panas…??? Bagaimanapun, sedia payung sebelum hujan tentunya lebih baik :) .

Awalnya sih, satu tas selempang kecil saja cukup untuk mengakomodir beberapa item tersebut, namun saat tahun lalu Saya mulai keranjingan hobby fotografi, dan tidak nyaman dengan membawa tas kamera yang berbentuk kotak persegi panjang, akhirnya Saya memutuskan untuk membeli sebuah daypack yang dapat juga menyimpan kamera DSLR kesayangan Saya pada suatu kesempatan travelling ke Kota Padang, Sumatera Barat tahun lalu.

 System Less Contact Backsystemdengan dua baja ringan.

Ini dia, Daypack Consina type Yukon dengan system LESS CONTACT BACKSYSTEM yang di claim Revolusioner backsystem oleh si produsennya. Super cooling (adem), lebih nyaman dan ergonomis. Dan punggung si pemakai tidak akan panas dan basah.  Pada system Less Contact Backsystem ini, bagian punggung daypack dibuat melengkung ke dalam dengan dua buah kawat baja ringan yang cukup kuat sehingga menciptakan ruang di antara punggung dengan daypack sebagai aerasi. Menurut Saya ini memang suatu inovasi yang bagus, karena dengan begitu model back contact system ini menjadi pembeda dari type daypack merk lainnya yang menyematkan netting (jarring) pada backsystemnya.

Berat rata- ratanya adalah 1,2 Kg dan berkapasitas volume 20 sampai 40 L dengan dimensi 50 x 30 x 25 Saya yakin memenuhi kebutuhan aktivitas dalam kota Saya setiap harinya. Selain itu daypack ini juga tersedia dalam bebrapa warna variatif, yakni Merah, Biru Tua, Orange, dan Hijau Tua.

Berbicara tentang feature yang ada pada daypack ini, ada dua main compartment dengan dua pouch luar melengkapinya.

Main compartment Consina Yurkon.

Main compartment dilengkapi dengan satu rubber pouch (kantong karet) yang lumayan lebar di dalamnya. Bisa digunakan untuk membawa beberapa berkas yang Saya ingin tidak terlipat sehingga membuat berkas tersebut kelihatan lusuh. Di bagian atas main compartment tersedia sebuah lubang yang tersamar sebagai connector hole (lubang penghubung) untuk kabel iphone atau ipod, atau dapat juga untuk akses ke water bladder (kantung air).

Connector hole pada bagian atas daypack.

Front compartment dengan pouch berlapis lima melengkapi bagian dalamnya, di mana pouch kelimanya adalah pouch berbentuk jaring. Selain itu di bagian luar front compartment juga terdapat Side Pocket Ice Axe untuk menggantungkan sesuatu yang dibutuhkan dengan cepat oleh si pemakai.


Front compartment dengan netting pouch.

Tali sandangnya (strap shoulder) menggunakan Starnum Strap Hipbelt Hydration System dengan bentuk gabus empuk dibalut jaring berpori. Daypack ini dilengkapi juga dengan body strap di bagian pinggang dan chest strap di bagian dada agar posisi daypack tidak mudah berubah saat disandang oleh si pemakai.

Starnum Strap Hipbelt Hydration System pada Consina Yurkon.

Pada body strap, uniknya terdapat pouch dengan resleting di kedua body strap tersebut. Saya biasanya memanfaatkan salah satu pouch tersebut untuk menyimpan tisu agar mudah diraih dan menyimpan duit recehan di pouch lainnya :) .

Pouches di kedua body strap pada Consina Yurkon.

Sejauh ini daypack tersebut mampu memenuhi mobilitas Saya di area wall climbing atau rock climbing , juga saat panggilan jelajah pulau datang dari kawan- kawan di FPTI Kota Batam. Sayangnya daypack  ini tidak dilengkapi dengan rain cover-nya walaupun di bagian bawahnya tersedia pouch untuk menyimpan rain cover tersebut. Kata yang jual, “emank sudah dari sananya tanpa rain cover” ;) .

Salam satu jiwa

* * * *  *

Semoga dengan berbagi jiwamu tercerahkan.

* B4MS *

* * * *  *
Bams mengajak untuk :
 “GUNAKAN HATI SAAT MENDAKI”
Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Artikel yang diadakan oleh cadventura.com untuk kategori REVIEW PERALATAN HIKING, dan meraih JUARA 3. Tulisan ini juga dapat dibaca di cadventura.com – REVIEW DAYPACK CONSINA YUKON 



BAMS2 photo BAMS2.jpg YULI2 photo OELIEL2.jpg ZAKI photo ZAKI.jpg RAIHAN photo RAIHAN.jpg RAKAN photo RAKAN.jpg KEENAN photo KEENAN.jpg

No comments:

Post a Comment